Jum'at, 02 Desember 2016 13:35:06

Ini Rencana Besar Menkominfo Rudiantara Tahun Depan

Pemerintahan Jokowi-JK

liputan6.com

Menkominfo Rudiantara

BACAINI, Jakarta - Meski pergantian tahun masih sebulan lagi, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara sudah menyusun rencana kerja di 2017. Apa saja yang jadi fokusnya?

Dalam acara Indonesia Economy and ICT Outlook 2017 yang diselenggarakan oleh Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel), Menkominfo membeberkan sederet rencana yang akan dijalankannya tahun depan. Seperti di 2016, ada tiga fokus utama yang akan dikerjakan, yakni telekomunikasi, penyiaran dan internet.

Di telekomunikasi, Menkominfo masih akan menitikberatkan pada broadband. Tapi tahun depan akan lebih memberi perhatian pada fixed broadband. Ini sebagai upaya mengejar ketertinggalan dari sejumlah negara di Asia Tenggara.

"Jika melihat ICT Index, posisi Indonesia jauh di bawah Vietnam dan Filipina. Salah satu indikator adalah fixed broadband. Karena itu saya mengajak makin teman-teman ayo cari lagi fixed broadband," ujarnya di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (1/12).

Selama ini, fixed broadband selalu mengacu pada fiber to the home. Kominfo akan mencari untuk teknologi baru yang dapat mendongkrak fixed broadband di Tanah Baru.

"Ada teknologi yang tidak sepenuhnya fiber to the home, tapi akses sudah mencapai 103 bit per rumah. Saya tidak tahu apa ini bisa dimanfaatkan," kata pria yang kerap di sapa Chief RA ini.

"Intinya pemerintah akan terus mendorong broadband. Tidak ada istilah back off dari broadband," imbuhnya.

Karena itu pula, sektor mobile broadband tetap menjadi perhatian Menkominfo. Saat ini 4G LTE memang sudah menyelimuti 300 kota dan kabupaten. Tapi jumlah tersebut masih 60% dari total 514 kota dan kabupaten di Indonesia. Sementara backbone mencapai 80% atau 400 kota dan kabupaten.

"Palapa Ring dijalankan pararel. Selama ada Palapa Ring, operator tidak akan membangun sepenuhnya," kata Rudiantara.

Proyek Palara Ring sendiri sudah mudah mulai berjalan. Paket barat dan tengah telah groundbreaking. Sementara paket timur masih menuggu financial closing pada Januari 2017.


Sumber : DetikInet
2  Next





Peringatan : Komentar di bawah ini diluar tanggung jawab Bacaini.com !

Comments



Terpopuler
Copyright © 2014 BACAINI.COM. All Rights reserved.
free website hit counter