Rabu, 09 November 2016 16:19:46

APJII Siapkan Browser Lokal untuk Saingi Chrome dan Firefox

Network

APJII

Ilustrasi Browser yang ada di Indonesia

BACAINI, Jakarta - Browser asing masih sangat mendominasi penggunaannya di Indonesia. Namun itu tidak menghentikan Assosiasi Penyelenggaraan Jasa Internet Indonesia (APJII) untuk menyiapkan browser lokal penantangnya.

Apalagi hasil Survei Internet 2016 yang dirilis APJII mengungkap kalau aplikasi browser yang paling banyak digunakan di Indonesia didominasi oleh Chrome. Browser bikinan Google ini menempati peringkat pertama dengan persentase 66,6%.

Sedangkan di posisi kedua diduduki oleh Firefox dengan persentase 22%. Diikuti oleh Internet Explorer 7,2% dan Safari 2,6%.

Sementara Opera Mini mengisi peringkat kelima dengan persentase 0,4%. Adapun di posisi terakhir ditempati UC Browser dengan persentase sebesar 0,3%.

Dari data di atas, dominasi browser asing sangat kuat. Oleh sebab itu APJII akan menyiap browser lokal untuk mengimbangi browser yang sudah ada saat ini.

"Kami ingin mengurangi browser asing yang merajalela. Jadi kami sedangkan menyiapkan browser buatan anak negeri," kata Jamalul Izza, Ketia Umum APJII saat ditemui di Gedung Cyber, Jakarta, Senin malam (7/11).

Namun browser tersebut saat ini masih dalam pengodokan. Pembuatannya sendiri dilakukan oleh developer yang masuk dalam Liga Digital Indonesia.

"Mudah-mudahan tahun depan sudah dapat dirilis dan digunakan," pungkas pria yang kerap disapa Jamal itu.






Peringatan : Komentar di bawah ini diluar tanggung jawab Bacaini.com !

Comments



Terpopuler
Copyright © 2014 BACAINI.COM. All Rights reserved.
free website hit counter