Kamis, 29 September 2016 13:04:40

Wow! Serangan DDoS Ini Tembus 1 Tbps

Ilustrasi

BACAINI, Jakarta - Serangan distributed denial of services (DDoS) bukan hal baru di dunia maya. Namun baru-baru ini terjadi serangan DDoS yang memecahkan rekor trafik, yang mencapai 1 Tbps.

Serangan itu diterima oleh sebuah perusahaan cloud computing asal Prancis bernama OVH. Saking besarnya, serangan ini disebut sebagai serangan DDoS terbesar sepanjang sejarah.

Adalah Octave Klaba, pendiri OVH, sendiri yang melaporkan serangan ini menggunakan akun Twitternya. Dalam kicauannya itu Klaba juga memposting screenshot yang menunjukkan sejumlah serangan DDoS yang ditujukan ke layanan miliknya itu.

Dari screenshot itu terlihat sejumlah serangan terjadi secara bersamaan dengan trafik yang melewati 100 Gbps, bahkan ada satu serangan yang mencapai trafik 799 Gbps, seperi dikutipdari Ars Technica, Kamis (29/9).

"Beberapa hari yang lalu kami mendapat serangan DDoS yang sangat besar. Ini adalah daftar yang lebih tinggi dari 100 Gbps. Kamu bisa lihat (jika ditotal) DDoS mencapai 1 Tbps," tulis Klaba di akunnya itu.

Trafik sebesar itu bisa terjadi karena si penyerang meretas kamera yang terkoneksi ke internet dan menggunakannya untuk melakukan serangan DDoS tersebut. Jika setiap kamera mampu menyerang dengan trafik antara 1 Mbps hingga 30 Mbps.

Klaba sendiri memperkirakan jaringan botnet yang dipakai penyerang mempunyai kapasitas serangan mencapai 1,5 Tbps. Setidaknya ada 15 ribu perangkat yang ikut dalam serangan DDoS tersebut. Botnet adalah jaringan komputer yang terinfeksi malware buatan si penyerang, sehingga bisa digunakan dalam serangan DDoS.

Dalam catatan Akamai, serangan DDoS paling besar yang pernah terjadi trafiknya mentok di 363 Gbps. Artinya serangan DDoS yang diterima OVH trafiknya 3 kali lipat lebih besar atau bahkan lebih dibanding serangan pada bulan Juni itu.


Sumber : DetikInet





Peringatan : Komentar di bawah ini diluar tanggung jawab Bacaini.com !

Comments



Terpopuler
Copyright © 2014 BACAINI.COM. All Rights reserved.
free website hit counter