Kamis, 11 Agustus 2016 15:07:03

Negara Palestina Tidak Ada di Google Maps, Ini Alasan Google

Tidak ada negara Palestina di Google Maps

BACAINI, Jakarta - Google dituduh menghapuskan Palestina dari Google Maps. Namun faktanya, Google memang tidak pernah melabeli Palestina. 

Menurut laporan The Guardian menjelaskan, saat Anda mencari Palestina di Google Maps, Anda akan melihat adanya garis batas dari negara tersebut, tapi Anda tidak akan menemukan label Palestina di sana. Karena, meski 136 negara PBB mengakui Palestina sebagai negara berdaulat, AS dan banyak negara di Barat tidak mengakui hal ini. 

Google tidak mengubah penggambaran Palestina di Maps belum lama ini, tapi, setelah forum wartawan Palestina mengeluarkan pernyataan kecaman pada Google terkait masalah ini, hal ini lalu menyebar melalui media sosial dan badan pemberitaan.

Orang-orang lalu menunjukkan rasa marah mereka dengan menggunakan tagar #PalestineIsHere atau Palestina Di Sini.

Seorang juru bicara Google berkata, "Tidak pernah ada label 'Palestina' di Google Maps. Namun, kami baru saja menemukan sebuah bug yang menghilangkan label untuk 'Tepi Barat' dan 'Jalur Gaza'. Kami sedang berusaha kembali memunculkan label ini."

Sebuah petisi dari bulan Maret yang mendorong Google untuk memasukkan Palestina ke dalam aplikasi peta mereka baru-baru ini kembali mendapatkan perhatian. Sekarang, telah ada hampir 250 ribu orang yang menandatangani petisi tersebut. 

Kemarahan yang ditunjukkan oleh orang-orang secara online menunjukkan bahwa teknologi pemetaan mempengaruhi pemahaman seseorang tentang dunia.

Seperti yang disebutkan oleh Caitlyn Dewey dari Washington Post: "Dalam usahanya untuk mendokumentasikan dunia secara online, perusahaan-perusahaan teknologi biasanya juga membentuk pemahaman kita tentang dunia. Hal ini bukanlah sesuatu yang sering kita pikirkan, tapi menjadi jelas ketika sebuah peta berubah/dikatakan telah berubah atau ketika kita membandingkan beberapa peta."

Kemungkinan, masalah ini juga tidak menjadi kali terakhir. Sebuah proyek bernama Kawasan Sengketa di tahun 2014 menjelaskan usaha-usaha Google Maps untuk tidak ikut campur dalam persengketaan geografis atau identitas negara.


Penulis : Ahmad





Peringatan : Komentar di bawah ini diluar tanggung jawab Bacaini.com !

Comments



Terpopuler
Copyright © 2014 BACAINI.COM. All Rights reserved.
free website hit counter