Berita

Jum'at, 13 Januari 2017 15:21:49

Hore! Sekarang Ekspor Barang dari Bandung Bisa Pakai Jasa Kereta Api

Nasional

detik.com

Lokomotif KA yang siap membawa barang ekspor dari Bandung ke Tj Priok

BACAINI, Bandung - Bagi pelaku industri dan pengusaha di Bandung dan sekitarnya, saat ini telah tersedia moda transportasi alternatif yang bisa digunakan untuk mengirim barang ekspor.

Kini moda transportasi Kereta Api (KA) Peti Kemas Gedebage (Bandung)-Tanjung Priok, bisa menjadi alternatif baru agar kegiatan ekspor impor lebih efisien, tepat waktu, dan aman.

"Kondisi jalan kita macet, membutuhkan waktu yang lama, dan ada risiko kecelakaan, diberhentikan orang dan tidak aman," kata Enggartiasto, di kantor Pelindo II, Jakarta Utara, Jumat (13/1).

Imbauan pemanfaatan KA Peti Kemas ini disampaikan pada acara Sosialisasi Kereta Api Angkutan Peti Kemas Jalur Tanjung Gedebage-Priok. Acara tersebut juga dihadiri beberapa pengusaha dan asosiasi sebagai pengguna jasa ekspor impor.

"Penggunaan kereta peti kemas jalur Tanjung Priok-Gedebage harus dioptimalkan untuk membawa berbagai komoditas ekspor agar terjadi peningkatan efisiensi logistik, mengurangi waktu bongkar muat (dwelling time), serta meningkatkan kelancaran arus barang dan daya saing ekspor," kata Enggartiasto.

Ia menyatakan, pemanfaatan kereta peti kemas ini menjadi salah satu pilihan solusi yang tepat. Karena bisa menghubungkan secara langsung antara Gedebage di Kota Bandung, dengan Pelabuhan Tanjung Priok.

Barang hasil produksi yang akan diekspor bisa langsung diangkut menuju Pelabuhan Tanjung Priok dan langsung terhubung dengan transportasi laut ke luar negeri.

Jalur peti kemas ini dibangun atas kerja sama PT. Kereta Api Indonesia dengan PT. Mitra Adira Utama, PT. KA Logistik, dan PT. Multi Terminal Indonesia.

Bagi pelaku usaha di Bandung, barang hasil produksi bisa dibawa ke pelabuhan darat (dry port) Gedebage di ujung timur Kota Bandung.

Stasiun kereta peti kemas di Pelabuhan Darat Gedebage memiliki dua jalur khusus untuk bongkar muat kontainer yang memiliki depo guna merawat puluhan gerbong. Di kawasan stasiun ini juga terdapat Terminal Peti Kemas Bandung (TPKB).

Sarana angkutan yang digunakan adalah gerbang berjenis GD/Gerbong Datar dengan macam-macam kapasitas angkut mulai dari 30 ton-45 ton. Barang yang diangkut antara lain barang elektronik hingga mobil.


Sumber : Detik.com





Peringatan : Komentar di bawah ini diluar tanggung jawab Bacaini.com !

Comments



Terpopuler
Copyright © 2014 BACAINI.COM. All Rights reserved.
free website hit counter