Berita

Selasa, 10 Januari 2017 16:15:39

Luar Biasa! Mahasiswa AS Belajar Posyandu di Banyuwangi

Nasional

kompas.com

Mahasiswa asal Amerika Serikar (AS) saat mengunjungi posyandu di Banyuwangi

BACAINI, Jakarta - Sebanyak 38 mahasiswa University of Rhode Island dari jurusan ilmu keperawatan, kesehatan masyarakat dan ilmu politik mengunjungi posyandu di lingkungan Taman Baru Banyuwangi, Selasa (10/1).

Mereka belajar tentang pelayanan kesehatan kepada anak dan ibu hamil yang ada di Indonesia, khususnya di Banyuwangi.

"Di Amerika tidak ada posyandu. Untuk pemeriksaan ibu hamil dan anak langsung ke dokter. Berbeda di Indonesia yang ada posyandu, jadi pelayanan kesehatan lebih dekat ke masyarakat. Ada bidan, ada kader posyandu yang membantu mereka," kata Brook Williams Ross, founder and managing director Indonesia Education Partnership, seperti dilansir dari Kompas.com,Selasa (10/1).

Selain itu, menurut Brook, dengan adanya posyandu juga bisa mengurangi risiko kematian pada bayi dan ibu yang melahirkan, karena mereka mendapatkan penanganan khusus.

"Bahkan di posyandu ada makanan tambahan untuk ibu hamil. Ini harus diketahui oleh para mahasiswa," jelasnya.

Salah seorang mahasiswa asing terlihat belajar menggendong bayi dari seorang bidan yang sedang bertugas di posyandu Tamanbaru.

"Cara mengendong bayi di sini dengan di tempat kami berbeda. Tapi ini menyenangkan," katanya sambil tersenyum dan membetulkan posisinya saat menggendong bayi.

Bukan hanya di Banyuwangi, para mahasiswa tersebukut juga berencana mengunjungi Bali dan Yogyakarta.

"Jika di Bali kami mempelajari pengobatan penyakit stroke dan di Yogyakarta kita fokus pada pengobatan jamu dan pijat. Dan, ini adalah tahun kedua kunjungan kami ke Indonesia," pungkas Brook.






Peringatan : Komentar di bawah ini diluar tanggung jawab Bacaini.com !

Comments



Terpopuler
Copyright © 2014 BACAINI.COM. All Rights reserved.
free website hit counter