Batu Mulia

Selasa, 18 Agustus 2015 09:22:04

Ramai-ramai berburu si hijau nan cantik.

Chrysoprase, batu mulia hijau yang menawan

Bs

BACAINI, Jakarta (18/8) - Hijau garut, demikian banyak masyarakat khususnya pedagang batu mulia dan semi mulia menyebut spesies dari kalsedon ini. Chrysoprase adalah batu paling langka dan berharga dari kelompok batuan kalsedon kuarsa. Hal ini di sebabkan karena dari berbagai jenis turunan dari spesies kalsedon seperti agate, chalcedony, onyx, carnelian, bloodstone dan jasper, chrysoprase memiliki nilai tersendiri.

Nama "chrysoprase" sendiri berasal dari bahasa Yunani, 'Chrysos' dan 'Prison' yang berarti "Gold" dan "Leek" karena warnanya yang terlihat hijau dan memiliki inklusi emas didalamnya. Seperti varietas lain dari cryptocrystalline quartz, chrysoprase memiliki kandungan crystal yang cukup baik apabila di lihat dengan perangkat seperti mikroskop atau perangkat pembesaran lainnya. Tidak seperti varietas kalsedon kuarsa lainnya, chrysoprase memiliki warna hijau yang solid dan tajam sehingga mengingatkan kita pada giok dengan kualitas terbaik.

Melakukan identifikasi chrysoprase dapat dilakukan dengan mudah dengan menggunakan sifat kalsedon kuarsa dan warna hijau yang khusus seperti warna hijau buah apel. Dengan tingkat kekerasan 6,5 - 7 pada skala Mohs dan jejak kandungan nikel yang ada di dalamnya membuat batu mulia chrysoprase berbeda dan merupakan satu-satunya batu permata hijau yang diwarnai oleh nikel gaspeite. Sementara permata hijau lainnya biasanya di warnai oleh kandungan besi, kromium atau vanadium.

Memilih batu mulia chrysoprase anda harus melihat beberapa faktor yang juga menentukan harga dari batuan ini. Beberapa faktor tersebut antara lain:

Chrysoprase Color
Warna Chrysoprase dapat berkisar dari hijau ringan seperti minty-hijau  warna apel hijau pekat. Warna hijau yang lebih pekat lebih  diinginkan. Warna Chrysoprase dapat memudar di bawah kontak yang terlalu lama panas atau cahaya langsung, tetapi dalam banyak kasus, warna dapat dipulihkan setelah penyerapan kelembaban.  

Chrysoprase Clarity and Luster
Tingkat kejelasan atau clarity dari chrysoprase terdiri dari translucent hingga opaque. Tingkat translucent yang semakin tinggi semakin baik. Ketika di bentuk dan di poles, chrysoprase dapat memiliki vitreous (gerakan air) hingga kilauan licin bak sebuah lilin (luster). Semakin baik luster semakin mahal juga harganya.

Chrysoprase Cut and Shape
Kebanyakan chrysoprase dibentuk dengan model potongan 'cabochon' yang merupakan bentuk paling populer untuk batu mulia ini. Akan tetapi bentuk lain seperti oval, hearts dan pears juga banyak di produksi dan memiliki nilai tersendiri. Beberapa produsen perhiasan membuat manik-manik dengan chrysoprase untuk digunakan oleh para wanita walaupun dengan menggunakan tingkat  atau bahan chrysoprase dibawah bentuk lainnya.

Chrysoprase Treatment
Saat ini kebanyakan chrysoprase tidak di threadment atau untreated atau dalam bahasa lab biasa di sebut 'Non Threadment" (NTE). Banyak masyarakat yang terkecoh dengan batu akik warna hijau yang di treadment dan menyebutnya sebagai chrysoprase. Oleh karena itu sebelum membeli pastikan batu chrysoprase anda tersertifikasi dengan jelas dari lab yang terakreditasi.

Chrysoprase Gemological Properties

Chemical Formula: : SiO2, Silicon dioxide
Color :  Green, apple-green
Crystal Structure : Hexagonal; microcrystalline aggregates
Hardness : 6.5 to 7 on the Mohs scale
Refractive Index : 1.530 to 1.540
Density : 2.58 to 2.64
Cleavage : None; fracture - rough, brittle
Transparency : Translucent to opaque
Double Refraction : Up to 0.004
Luster : Vitreous to waxy

 

 


Penulis : Bs
Reporter : BS





Peringatan : Komentar di bawah ini diluar tanggung jawab Bacaini.com !

Comments



Terpopuler
Copyright © 2014 BACAINI.COM. All Rights reserved.
free website hit counter