Batu Mulia

Jum'at, 10 Juli 2015 15:43:16

Berikut Ini Tips Membeli Batu Mulia/Akik Jelang Lebaran

BACAINI,Jakarta - Lebaran kali ini bertepatan dengan melemahnya ekonomi nasional yang secara langsung ikut berpengaruh pada kekuatan daya beli masyarakat yang menurun.

Untuk itu, bagi masyarakat diminta untuk berhati-hati dalam membelanjakan uangnya untuk kebutuhan lebaran. Salah satu yang banyak diminati saat lebaran adalah perhiasan dengan menggunakan batu mulia atau bahkan semi mulia seperti batu akik. Berikut adalah tips untuk membeli batu mulia menjelang lebaran.

1. Jangan membeli batu mulia atau batu akik yang berwarna terlalu mencolok mata apalagi dengan harga yang murah atau mahal tanpa ada memo atau sertifikat lab. Hal ini untuk menghindari kemungkinan anda membeli batu buatan (sintetik/ man made)

2. Jangan membeli batu mulia atau batu akik hanya karena tembus di sinar senter karena tidak semua batu yang tembus sinar (transparent/ translucent) berharga.

3. Hindari membeli batuan mulia atau akik yang berwarna kotor (abu/abu, hitam pekat atau coklat gelap), karena batuan dengan warna gelap tidak memiliki nilai yang lebih tinggi dari warna lain.

4. Jangan membeli batu mulia/ akik hanya karena cerita si pedagang apalagi hal mistis yang tidak rasional. Banyak batu mulia/ akik di ceritakan dengan berbagai cerita yang pada akhirnya hanyalah sebuah dongeng untuk membuat batuan tersebut terkesan mahal.

5. Pilihlah batu mulia/ akik sesuai dengan proporsional terutama sesuai dengan jari dan besar tubuh anda. Jangan membeli hanya karena besarnya atau harga semata mata.

6. Jika anda tidak suka dengan cincin maka gunakan batu mulia/ akik sebagai perhiasan lain (liontin, anting, ikat pinggang dsb), karena batu mulia atau batu akik tidak terbatas hanya untuk cincin.

7. Khusus untuk batuan mulia atau batu akik yang bermetamorfosis anda harus lebih hati-hati karena tidak semua batuan mulia atau akik dapat bermetamorfosis menjadi bersih. Menurut informasi lab, hanya jenis Chrysocolla in Chalchedony yang memiliki kemampuan tersebut dan jenis inipun tidak semua dapat dengan cepat bermetamorfosis menjadi bersih.

8. Khusus untuk batu akik yang bergambar, pilihlah batu yang dapat anda lihat dan pahami gambarnya dalam kurun waktu 3-5 detik. Jangan terpengaruh oleh cerita atau persepsi yang dibangun oleh si pedagang.

9. Pilihlah batu yang memiliki nilai investasi yang baik jika anda juga ingin menjualnya setelah hari lebaran nanti.

10. Cobalah untuk bertanya pada pedagang jika anda membeli batu tersebut dengan harga tertentu, apakah pedagang lain mau membeli dengan harga 70% dari harga yang anda beli? , jika tidak sebaiknya berhati hati dalam mengeluarkan budget atau uang anda untuk membelinya.

Tips ini persembahan dari Bacaini.com bekerjasama dengan FBC Gems Research.


Penulis : Alan





Peringatan : Komentar di bawah ini diluar tanggung jawab Bacaini.com !

Comments



Terpopuler
Copyright © 2014 BACAINI.COM. All Rights reserved.
free website hit counter