Asal Tahu Aja

Jum'at, 01 April 2016 16:48:46

Ini Rahasia Longlongan Serigala

Asal Tahu Saja

Serigala Kutub

BACAINI, Vienna - Sebagai satwa sosial yang hidup dalam kelompok, serigala ternyata menunjukkan tingkat hubungan antar-anggota lewat suara lolongannya. Hal itu terungkap dalam penelitian yang dipubikasikan dalam jurnal Current Biology.

Peneliti menemukan bahwa serigala melolong lebih sering ketika ada teman dekat atau anggota dominan dalam kelompok yang pergi jauh. Reaksi kawanan serigala itu terlihat ketika salah satu anggota kelompok dibawa ke hutan untuk berjalan-jalan.

Serigala dikenal sebagai makhluk sosial yang menekankan pentingnya hubungan antar-anggota kelompok. Lolongan serigala itu juga dapat dijelaskan oleh sejumlah faktor sosial, bukan faktor psikologis, seperti tingkat stres.

Friederike Range, dari University of Veterinary Medicine Vienna, Austria, yang memimpin penelitian itu, mengatakan kawanan serigala berkomunikasi satu sama lain melalui lolongan untuk menunjukkan seberapa penting peran mereka dalam kelompok.

"Kami tidak tahu bahwa ada perbedaan tentang seberapa sering serigala melolong berdasarkan tingkat kedekatan hubungan mereka. Jumlah lolongan ternyata benar-benar ditentukan oleh kualitas hubungan," kata Range. Perbedaan lolongan juga menunjukkan seberapa dekat mereka dengan serigala yang pergi.

Cara hewan memanggil anggota kelompoknya telah lama membuat para peneliti terpesona. Terutama keunikan lolongan serigala yang dapat dikenali oleh sesamanya di alam liar.

Simon Townsend, salah seorang peneliti dari University of Zurich, Swiss, mengatakan bahwa serigala bisa menggunakan lolongannya sebagai bagian dari strategi untuk melakukan kontak dengan individu yang dominan atau sesamanya yang telah pergi.

"Serigala tampaknya melolong lebih sering ketika ada individu yang dominan pergi karena individu tersebut memainkan peran penting dalam kehidupan serigala," ujar Townsend. Pada saat individu yang dominan itu pergi meninggalkan kelompoknya, serigala yang lain mencoba memulai kembali hubungan, sama seperti sebuah persahabatan.


Editor : Ahmad
Sumber : Tempo.co





Peringatan : Komentar di bawah ini diluar tanggung jawab Bacaini.com !

Comments



Terpopuler
Copyright © 2014 BACAINI.COM. All Rights reserved.
free website hit counter