Asal Tahu Aja

Selasa, 15 Maret 2016 16:13:17

Ini Alasan Lampu Kabin Dimatikan Saat Lepas Landas

BACAINI, Jakarta – Saat pesawat mulai lepas landas, biasanya lampu di kabin akan diredupkan. Banyak penumpang belum tahu akan alasannya.

Ternyata, cahaya kabin sengaja diredupkan bukan tanpa alasan. Hal ini berkaitan dengan upaya kemudahan evakuasi saat terjadi keadaan darurat. Mengingat lepas landas merupakan salah satu momen kritis dalam penerbangan.

Seorang pilot dalam sebuah maskapai ternama di Amerika, Chris Cooke, mengatakan bahwa langkah ini dilakukan sebagai tindakan pencegahan yang memungkinkan mata penumpang untuk menyesuaikan dengan keadaan lebih cepat selama evakuasi darurat.

“Bayangkan berada di sebuah ruangan asing yang terang penuh rintangan saat seseorang mematikan lampu dan meminta Anda untuk keluar dengan cepat,” ujar Cooke dikutip dari Huffingtonpost, Selasa (15/3/2016).

Saat semua lampu menyala, akan lebih sulit bagi penumpang untuk mengikuti tanda menyala yang mengarahkan ke pintu darurat. Karena tanda cahaya tersebut dapat tersamarkan jika terlalu banyak cahaya dalam kabin.

Sedangkan untuk pencahayaan yang lain, penumpang masih bisa menggunakan cahaya yang datang dari jendela. Sehingga inilah yang menjadi alasan mengapa lampu kabin diredupkan saat lepas landas.


Penulis : Galih
Editor : Ahmad





Peringatan : Komentar di bawah ini diluar tanggung jawab Bacaini.com !

Comments



Terpopuler
Copyright © 2014 BACAINI.COM. All Rights reserved.
free website hit counter